TEORI KLASIK PERDAGANGAN INTERNASIONAL



TEORI KLASIK PERDANGAN INTERNASIONAL

PADA AWAL PERIODE MODERN YAITU DARI ABAD KE 16 SAMPAI KE 18 (ERA DIMANA KESADARAN BERNEGARA SUDAH MULAI TIMBUL ) AJARAN MERKANTILISME DOMINAN SEKALI DIAJARKAN DI SEKOLAH EROPA.

MERKANTILISME BERKEMBANG DENGAN PELOPORNYA ADALAH JEAN BODIN, THOMAS MUNN, COLBERT, VON HORNIVH DAN SIR JOSHIAH CHILD, MERKANTILISME ADALAH TEORI EKONOMI YANG SECARA JELAS MENYATAKAN BAHWA KESAHTERAAN DAN KEKAYAAN SUATU NEGARA YANG BERSANGKUTAN.
SECARA TIDAK LANGSUNG TEORI INI MENYATAKAN BAHWA BESARNYA VOLUME PERDAGANGAN GLOBAL MEMEGANG PERANAN SANGAT PENTING.

MERKANTILISME
MERKANTILISME PADA PRINSIPNYA MERUPAKAN SUATU PAHAM YANG MENGANGGAP BAHWA PENIMBUNAN UANG, ATAU LOGAM MULIA YANG AKAN DITEMPA MENJADI UANG EMAS ATAUPUN PERAK HARUSLAH DIJADIKAN TUJUAN UTAMA KEBIJAKAN NASIONAL.
PADA SAAT MERKANTILISME LAHIR SISTEM MASYARAKAT PADA SAAT ITU BERDASARKAN FEODALISME. SISTEM FEODAL PADA DASARNYA MENANGGAPI KEBUTUHAN PENDUDUK AKAN PERLINDUNGAN TERHADAP GANGGUAN PERAMPOK. JAMINAN KESELAMATAN DAPAT DIBERIKAN OLEH PARA RAJA TERHADAP PARA BANGSAWAN, KERABAT, DAN BAWAHANNYA. SISTEM INILAH YANG MELAHIRKAN TUAN TANAH, BANGSAWAN, KAUM PETANI, DAN RAJA-RAJA KECIL YANG DIHARUSKAN UNTUK MEMBAYAR UPETI TERHADAP RAJA

ABSOLUTE ADVANTAGE ADAM SMITH
KITA SEKARANG BERALIH PADA TEORI YANG LEBIH BARU YAITU TEORI KEUNGGULAN MUTLAK (ABSOLUTE ADVANTAGE) TEORI INI DIKEMUKAKAN OLEH (ADAM SMITH 1776) DALAM BUKUNYA THE WEALTH OF NATIONS. ADAM SMITH MENGANJURKAN BAHWA PERDAGANGAN BEBAS SEBAGAI KEBIJAKAN YANG MAMPU MENDORONG KEMAKMURAN SUATU NEGARA. ADAM SMITH MENGAJUKAN TEORI PERDAGANGAN INTERNASIONAL YANG DIKENAL DENGAN TEORI KEUNGGULAN ABSOLUT.

MENURUTNYA DALAM PERDAGANGAN BEBAS, SETIAP NEGARA DAPAT MENSPESIALISASIKAN DIRI DALAM PRODUKSI KOMODITAS YANG MEMILIKI KEUNGGULAN MUTLAK/ ABSOLUT DAN MENGIMPOR KOMODITI YANG MEMPEROLEH KERUGIAN MUTLAK.

SMITH YAKIN BAHWA SELURUH NEGARA DAPAT MENIKMATI KEUNTUNGAN DENGAN ADANYA PERDANGAN INTERNASIONAL ANTAR NEGARA. SMITH MENGANJURKAN KEBIJAKAN LAISSEZ FAIRE (YAITU SUATU KEBIJAKAN YANG MENYARANKAN SEDIKIT MUNGKIN INTERVENSI PEMERINTAH TERHADAP PEREKONOMIAN) MELALUI PERDANGAN INTERNASIONAL SUMBER DAYA YANG DIMILIKI DUNIA DAPAT DIGUNAKAN SECARA EFISIEN DAN DAPAT MEMAKSIMALKAN KESEJAHTERAAN SELURUH DUNIA.

PERTENTANGAN TEORI ADAM SMITH
PANDANGAN SMITH INI SANGAT BERTENTANGAN DENGAN KENYATAAN SAAT INI DIMANA BANYAK SEKALI DISTORSI (PEMBATASAN) TERHADAP KEGIATAN PERDANGAN INTERNASIONAL. PEMBATASAN PERDAGANGAN HANYA AKAN MENGUNTUNGKAN SEDIKIT PIHAK DAN MERUGIKAN BANYAK PIHAK. TEORI ABSOLUTE ADVANTAGE LEBIH MENDASARKAN PADA BESARAN / VARIABEL RIIL, BUKAN MONETER. TEORI INI LEBIH DIKENAL DENGAN NAMA TEORI MURNI (PURE THEORY) PERDANGAN INTERNASIONAL

TEORI MURNI ADAM SMITH
TEORI MURNI INI MEMUSATKAN PERHATIANNYA PADA VARIABEL RIIL SEPERTI MISALNYA NILAI SUATU BARANG DIUKUR DENGAN BANYAKNYA TENAGA KERJA YANG DIPERGUNAKAN UNTUK MENGHASILKAN BARANG. MAKIN BANYAK TENAGA KERJA YANG DIGUNAKAN AKAN MAKIN TINGGI NILAI BARANG TERSEBUT (LABOR THEORY OF VALUE). TEORI ABSOLUTE ADVANTAGE ADAM SMITH YANG SEDERHANA MENGGUNAKAN TEORI NILAI TENAGA KERJA. TEORI NILAI TENAGA KERJA INI BERSIFAT SANGAT SEDERHANA SEBAB MENGGUNAKAN ANGGAPAN BAHWA TENAGA KERJA ITU SIFATNYA HOMOGEN DAN MENGASUMSIKAN TENAGA KERJA MERUPAKAN SATU SATUNYA FAKTOR PRODUKSI. DALAM KENYATAANNYA, TENAGA KERJA ITU TIDAK HOMOGEN, FAKTOR PRODUKSI TIDAK HANYA SATU DAN MOBILITAS TENAGA KERJA TIDAK DAPAT DIJELASKAN DENGAN CONTOH BERIKUT :

Neraca Pembayaran (Balance Of Payment)
Perbedaan antara uang yang masuk ke dalam sebuah negara (dari ekspor) dan uang yang keluar dari negara tersebut (untuk impor) plus uang yang mengalir masuk atau keluar sebuah negara dari faktor faktor lainnya, seperti pariwisata, bantuan asing, pengeluaran militer, dan investasi asing.
Tujuannya untuk selalu membuat lebih banyak uang mengalir masuk ke dalam sebuah negara dibandingkan yang mengalir keluar dari negara tersebut. Dengan kata lain neraca pembayaran yang menguntungkan sebaliknya neraca pembayaran yang tidak menguntungkan terjadi ketika lebih banyak uang mengalir keluar dari negara tersebut dibandingkan dengan yang masuk.

Contoh kasus
Selama bertahun tahun amerika serikat mengekspor lebih banyak barang dan jasa ke negara lain dibandingkan dengan mengimpornya, akan tetapi sejak tahun 1975 amerika serikat telah membeli lebih banyak barang dari negara lain dibandingkan yang dijualnya ke negara lain (sebuah deficit perdagangan) atau neraca perdagangan yang tidak menguntungkan). Akhir akhir ini amerika serikat mengalami deficit perdangan tertinggi dengan cina, kemudian, bagaimana mungkin AS adalah pengekspor terbesar di dunia ?
Jawabannya meskipun AS mengekspor jumlah barang yang sangat besar secara global tetapi hanya mengekspor produknya dalam presentasi yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan negara lain. Bahkan pada awal  1980an tidak lebih dari 10 % dari bisnis AS yang mengekspor produk.
Sehingga muncul istilah Made In China

Dumping
Dumping adalah praktik menjual produk di negara asing pada harga yang lebih rendah dibandingkan yang ditetapkan di negara produsen. Taktik ini kadang digunakan untuk mengurangi surplus produk di pasar asing atau untuk mendapatkan pijakan di sebuah pasar baru dengan menawarkan produk dengan harga yang lebih rendah dibandingkan yang ditetapkan di negara produsen.
Dalam mendukung perdagangan bebas AS seperti negara-negara lain ingin memastikan bahwa perdagangan global dilakukan dengan adil untuk memastikan lapangan bermain adil AS dan negara lainnya menerapkan hukum untuk melarang praktik yang tidak adil seperti dumping.

Strategi Menjangkau Pasar Global
Bisnis dapat menggunakan strategi berbeda untuk bersaing dalam pasar global strategi kuncinya meliputi pemberian lisensi, mengekspor, waralaba, melakukan manufaktur kontrak, membentuk ventura bersama , dan aliansi strategis internasional, menciptakan cabang asing dan terlibat investasi asing langsung. Setiap strategi memberikan kesempatan untuk terlibat dalam pasar global, bersama dengan komitmen dan resiko tertentu.

PEMBERIAN LISENSI
Sebuah perusahaan pemberi lisensi dapat memutuskan untuk bersaing dalam pasar global dengan melisensikan (licensing) hak untuk manufaktur produknya atau menggunakan merek dagangnya kepada perusahaan asing dengan imbalan royalty.
Perusahaan Disneyland mengalami kesuksesan besar dengan melisensikan tikus yang terkenal tersebut dengan karakter lainnya di Eropa dan Asia
Strategi Untuk Menjangkau Pasar Global

Ekspor
BANYAK ORANG,INSTITUSI PEMERINTAH ATAU PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN AKTIVITAS PENJUALAN BARANG KE LUAR NEGERI. KEGIATAN TERSEBUT DISEBUT EKSPOR, DAN ORANG ATAU BADAN YANG MELAKUKANNYA DINAMAKAN EKPORTIR.

Investasi internasional
Bentuk aktivitas bisnis internasional lainnya adalah investasi internasional (international investments) modal yang disediakan oleh penduduk dari satu negara kepada penduduk negara lain. Investasi sepeti ini dibagi menjadi dua kategori investasi asing langsung dan investasi portofolio asing
Investasi asing langsung (foreign direct investments (FDI)) adalah investasi yang dilakukan dengan tujuan secara aktif mengendalikan property , asset atau perusahaan yang berlokasi di negara tuan rumah (negara tempat kantor pusat perusahaan induk berada) disebut juga home country, negara lain tempat perusahaan tersebut beroperasi disebut sebagai negara tuan rumah host country

Investasi portofolio asing
Foreign portofolio investments (FPI) adalah pembelian aset keuangan asing (saham, obligasi, dan sertifikat deposito) dengan tujuan selain untuk pengendalian .
Contoh dari investasi portofolio adalah pembelian saham biasa oleh perusahaan merek SONY oleh dana pensiun Denmark. Dengan investasi ini dana pensiun tersebut berusaha untuk mengendalikan rate of return terhadap portofolio asetnya daripada untuk pengambilan keputusan Sony. Untuk alasan yang sama banyak investor dalam bertahun-tahun terakhir telah membeli reksa dana yang mengkhususkan diri dalam saham dan obligasi asing.

Waralaba Internasional
Pemberian Waralaba adalah sebuah perjanjian dimana seseorang dengan ide bagus untuk bisnis menjual hak, untuk menggunakan nama bisnis tersebut dan menjual produk atau jasa kepada orang lain di suatu tutorial tertentu dengan cara tertentu.
Waralaba Internasional Contohnya McDonalds, A&W mewaralabakan mereknya kepada seluruh dunia

Melakukan Manufaktur Kontrak
Melibatkan sebuah perusahaan asing yang memproduksi barang berlabel swasta yang nama sebuah perusahaan domestic kemudian menempelkan nama merek atau merek dagangnya sendiri ke barang tersebut.
Contoh : dell mengadakan kontrak dengan Quanta Komputer dari Taiwan untuk membuat PC / notebook yang di beri merek Dell oleh perusahaan tersebut.

Ekonomi Internasional
Bisnis Internasional telah tumbuh dengan sedemikian cepatnya dalam dekade terakhir sehingga banyak ahli meyakini kita sedang hidup dalam era globalisasi (globalization) dapat di definisikan sebagai proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. (Griffin:2015) oleh karena itu tidak diragukan lagi bahwa perdagangan internasional dan investasi langsung internasional dua sarana utama untuk melakukan bisnis internasional menjadi semakin penting dalam ekonomi dunia. Globalisasi telah menimbulkan intensifikasi peran perdagangan internasional dalam ekonomi dunia.




Comments

Popular posts from this blog

Mengatasi PC/Laptop LAG atau Patah - patah

CARA CEPAT MENGGANTI DEKSTOP 1 KE DESKTOP LAINNYA DI WINDOWS 10.

IMPIAN DAN WIRAUSAHA